6 Langkah Pemasangan Implan Gigi Sesuai Prosedur

Sebagai salah satu solusi mengatasi gigi bermasalah, saat ini pemasangan implan gigi telah menjadi tren yang semakin memiliki banyak peminat. Dapat bersifat permanen, implan gigi disinyalir bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi yang lebih baik dari prosedur lainnya. Berikut merupakan langkah implan gigi yang runtut dan sesuai prosedur. 

  1. Cabut Gigi

Apabila bagian yang akan diimplan masih menyisakan akar yang tertancap pada gusi, maka perlu dilakukan pencabutan terlebih dahulu. Pencabutan tersebut dapat dilakukan dengan cara sederhana. Namun jika memang benar-benar dibutuhkan, tindakan pembedahan juga bisa menjadi alternatif pilihan.

  1. Cangkok Tulang Rahang

Langkah selanjutnya adalah cangkok tulang rahang. Namun demikian, pencangkokan ini hanya dapat dilakukan jika tulang rahang Anda tidak cukup tebal atau malah terlalu lunak. Tulang yang digunakan untuk cangkok ini dapat berupa tulang alami dan bisa diambil dari bagian tubuh lain atau bisa juga tulang buatan. 

Adapun cangkok tulang ini bertujuan untuk membuat dasar yang lebih kokoh. Dengan demikian pemasangan implan gigi akan jauh lebih baik dan bertahan lebih lama, serta perawatan yang dilakukan bisa lebih mudah. 

  1. Implan Gigi Dipasang 

Setelah melalui tahapan cangkok tulang rahang, selanjutnya adalah memasang implan gigi di tulang rahang. Pada saat pemasangan implan ini dokter akan membuat sedikit sayatan pada gusi untuk bisa membuka dan mengekspos tulang. Baru setelah itu dokter akan melakukan pengeboran tulang rahang untuk membuat lubang. 

Selanjutnya lubang tersebut dipasangi tiang implan yang bakal berfungsi sebagai akar gigi. Pada tahapan ini, Anda masih memiliki celah yakni gigi hilang belum tertutup sempurna. Apabila memerlukan, Gigi tiruan dapat dipasang sementara.

  1. Tunggu Pertumbuhan Tulang

Jika proses pemasangan tulang implan sudah selesai, maka proses selanjutnya adalah osseointegrasi. Selama proses tersebut berlangsung, Anda hanya perlu menunggu pertumbuhan tulang rahang ke dalam dan menyatu dengan implan gigi yang telah dibuat. 

Dalam proses ini Anda perlu tahu bahwasannya, proses osseointegrasi akan memakan waktu selama beberapa bulan. Hal ini terjadi karena osseointegrasi ibarat pertumbuhan akar yang terjadi pada gusi di gigi asli. 

  1. Pasang Penyangga

Jika proses osseointegrasi sudah selesai, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah pemasangan penyangga. Untuk melakukan hal tersebut dokter akan kembali membelah gusi dan memasang penyangga di permukaan implan. 

Jika suda terpasang gusi akan kembali ditutup dengan meninggalkan penyangga yang akan terlihat pada permukaan gusi. Selanjutnya, proses penyembuhan akan berlangsung lebih kurang dua minggu, sebelum dilanjutkan dengan pemasangan gigi tiruan. 

  1. Pasang Mahkota Gigi

Terakhir, jika gusi sudah sembuh, maka pemasangan mahkota gigi sudah dapat dilakukan. Langkah pertama yang akan dilakukan dokter adalah membuat mahkota gigi yang serupa dengan gigi lain dengan memanfaatkan cetakan. Selain itu, mahkota yang akan dipasang juga bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Anda bisa memilih mahkota sementara ataupun mahkota permanen. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan perihal langkah pemasangan implan gigi yang sesuai dengan prosedur. Untuk dapat melakukan hal ini, Anda harus lebih dulu konsultasi dan mendapat persetujuan profesional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *