Veneer Gigi Jakarta, Kenali Jenis dan Fungsinya !

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi klinik veneer gigi Jakarta, dan menggunakan veneer gigi. Ada baiknya jika Anda mengenal jenis jenis veneer dan fungsinya. Tujuannya tidak lain, agar Anda mudah memilih salah satu jenis veneer yang sesuai kondisi gigi. 

  1. Veneer komposit

Yang pertama ada veneer komposit. Jenis veneer, yang satu ini, mampu “menyembunyikan” masalah penampilan gigi yang terbilang ringan. Dari sisi harga jenis veneer yang satu ini terbilang ringan, selain itu prosedur pemasangannya juga tidak terlalu invasive. Dokter akan memilih dan  memasang veneer yang sesuai dengan warna gigi asli Anda.

Sedangkan kekurangan pada jenis veneer yang satu ini, yaitu mudah mengelupas atau bahkan patah. Selain itu warna pada veneer komposit juga mudah berubah, terutama ketika Anda termasuk pecandu rokok atau juga kopi. Usia penggunaannya hanya sekitar 5 hingga 7 tahun saja. Jika terjadi retak, dokter masih dapat memperbaikinya.

  1. Veneer porselen

Berikutnya ada Veneer porselen. Jenis Veneer gigi Jakarta yang satu ini terbilang paling popular. Alasanya, karena bahannya yang cukup estetis, dan juga tembus pandang. Dari sisi daya tahan, veneer yang satu ini terbilang paling kuat, dibanding jenis veneer lainnya, yaitu sekitar 10 tahun.

Selain itu, kelebihan lain dari veneer porselen, yaitu mampu terlihat menyatu dengan gigi asli, dan membuatnya tampak lebih halus. Tidak mudah berubah warna, sekalipun terhadap makanan atau juga minuman. Satu lagi, kelebihan dari veneer porselen, yaitu sifatnya yang biokompatibel, dan tidak akan mengiritasi jaringan mulut, serta melukai gusi.

  1. Veneer Luminer

Walau dari sisi bahan, Veneer luminer ini terbilang cukup tipis, lantaran terbuat dari laminasi porselen. Tapi, jenis veneer yang satu ini justru yang paling kuat, dibanding dengan jenis veneer lainnya. Kelebihan berikutnya, yaitu mudah diaplikasikan, hanya dengan sedikit preparasi gigi, selain itu, permukaannya juga halus, dan terasa alami ketika digunakan.

  1. Venner palatal

Veneer Palatal juga dikenal sebagai Veneer Lingual. Disebut demikian, lantaran veneer yang satu ini dibuat secara khusus, untuk mengembalikan bentuk permukaan lingual gigi di bagian depan.

Terbuat dari sejumlah bahan, seperti laminasi porselen, ada juga bahan komposit, bahkan ada juga tambahan bahan emas.  

  1. Temporary veneer

Seperti namanya, Temporary Veneer ini memang dapat dilepas, lantaran terbuat dari sejenis resin yang fleksibel. Umumnya dibuat, sebagai solusi sementara, hingga veneer permanen selesai dibuat.

Dalam beberapa kasus tertentu, jenis ini banyak digunakan, untuk melindungi mulut serta membantu menyembunyikan ketidak sempurnaan pada penampilan gigi itu sendiri. Adapun jenis temporary veneer yang paling banyak digunakan saat ini, yaitu Veneer clip-on dan juga Veneer instant. Dimana masing masing memang dibuat secara khusus.  

Dengan mengenal beberapa macam jenis veneer yang umumnya ditawarkan oleh klinik Veneer gigi Jakarta. Sedikit banyak, Anda jadi punya gambaran, dan pilihan jenis veneer seperti apa yang dinilai cocok, dan sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *