Inilah Berbagai Jenis Panel Surya Untuk Rumah

Saat ini teknologi sudah berkembang dengan semakin pesat. Listrik merupakan salah satu sumber energi yang tercipta dari perkembangan teknologi. Listrik di Indonesia didapat dari PLN. Dan merupakan hasil dari pembakaran batu bara. Lalu bagaimana jika sumber batu bara nantinya habis? Panel surya untuk rumah bisa menjadi alternatif sumber listrik lain, yang juga ramah lingkungan.

Apa Itu Panel Surya Untuk Rumah?

Panel surya atau yang juga dikenal dengan istilah solar panel adalah teknologi canggih penghasil energi listrik. Belakangan ini, panel surya tengah naik daun dan banyak digunakan oleh masyarakat. Bukan hanya untuk pemakaian di rumah-rumah saja, tapi juga di perusahaan, hotel, dan berbagai tempat lainnya.

Banyaknya orang yang beralih dari energi listrik PLN ke panel surya tentu saja karena kelebihan yang dimilikinya. Salah satu kelebihan panel surya adalah sifatnya yang ramah lingkungan, karena menggunakan sumber energi yang tidak akan habis, yaitu sinar matahari. Selain itu, juga karena panel surya penghasil listrik tidak perlu mengeruk sumber energi lain yang mudah habis, seperti batu bara.

Dari penjelasan tersebut, apakah Anda ingin membuat panel surya untuk rumah? Jika iya, cobalah untuk menyimak lebih dulu beberapa jenis panel surya yang ada di bawah ini!

Jenis-jenis Panel Surya

Jenis panel surya tentu saja tidak hanya satu. Ada beberapa jenis panel surya yang bisa Anda temukan dan coba gunakan untuk keperluan di rumah. Berikut ulasannya:

  • Monocrystalline Silicon

Monocrystalline silicon adalah jenis panel surya yang terbuat dari irisan tipis silikon dengan karakteristik identik. Efisiensi konversi sinar matahari dari panel surya jenis ini sekitar 15%. Jumlahnya cukup besar dan cocok untuk penghasil listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Panel surya ini juga sangat cocok untuk daerah Indonesia yang merupakan wilayah tropis.

  • Polycrystalline Silicon

Selanjutnya ada jenis polycrystalline silicon yang merupakan panel surya dari batang silikon yang telah dicairkan. Polucrystalline silicon sejatinya mirip dengan monocrystalline silicon. Hanya saja jenis yang ini sangat rawan jika berada di daerah yang dikenai mendung. Tingkat efisiensi dari panel surya ini akan berkurang dengan drastis.

  • Thin Film Solar Cell

Thin Film Solar Cel merupakan panel surya dengan menggunakan sel surya tipis yang dipasang pada lapisan dasar. Sebuah panel surya yang memiliki dua lapisan. Ukuran yang lebih tipis dari jenis lain membuat panel surya jenis ini memiliki bobot yang ringan. Tingkat efisiensi dari panel surya ini hanya sebesar 8,5%. Angka yang lebih kecil dibandingkan jenis sebelumnya.

  • Compound Thin Film Triple Junction Photovoltaic

Panel surya dengan jenis compound thin film triple junction photovoltaic merupakan panel surya dengan tiga lapisan. Meski tampak lebih canggih dari sebelumnya, panel surya ini bukanlah jenis yang cocok untuk keperluan rumah. Tingkat efisiensi tangkapannya yang mencapai 45% adalah angka yang tinggi dan cocok untuk digunakan pada tempat dengan keperluan listrik yang besar.

Nah, dari ulasan di atas, Anda sudah mulai tertarik menggunakan panel surya untuk rumah bukan? Ketika Anda memutuskan untuk menggunakannya, Anda bisa hubungi kontak kami. Dijamin Anda akan dapat produk terbaik dengan harga panel surya untuk rumah paling terjangkau.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *