5 Tips Penting Dalam Instalasi Atap Transparan Bergelombang

Dalam pemasangan atap transparan gelombang, beberapa hal harus diperhatikan. Jika tidak hati – hati, pemasangan tidak akan rapi dan bahkan membuat kebocoran. Atap transparan umumnya dipasang untuk menambah estetika, jadi jangan sembarangan memasangnya.

Untuk memastikan rapi dan aman memasang atap bening ini, ikuti saja tips – tips mudah berikut ini:

Mulai dengan Memilih Jenis Atap Transparan Gelombang yang Berkualitas

Jenis atap transparan ada banyak pilihan. Kebanyakan orang hanya memandang bahan fiberglass untuk atap transparan. Padahal pilihan material lain seperti tempered glass dan reinforced resin. Karena banyak jenisnya, pastikan memilih yang sesuai budget sambil menimbang kualitasnya sebelum dipasang.

Penggunaan Baut Atap Harus Ekstra Hati – Hati

Dalam pemasangan atap, pastikan menggunakan baut atap dengan spesifikasi yang sesuai dengan keperluannya. Misal saja pemasangan pada atap gelombang yang memiliki tinggi sekitar 30 milimeter, makan penggunaan baut ukuran 12×50 milimeter lebih sesuai.

Pastikan konsultasi dengan kontraktor antara spesifikasi atap dengan baut yang digunakan. Jangan sampai atap mudah lepas karena baut yang digunakan kurang cocok dengan ukuran atapnya.

Pemasangan Harus Menyesuaikan Arahan Angin Sehari – Hari

Pemasangan atap transparan gelombang yang baik haruslah menyesuaikan dengan arah angin. Pastikan angin menghembus sesuai arah miring atap. Hal ini penting agar angin besar tidak tersangkut pada pola gelombang atap dan menggerakkannya.

Jika dapat menghembus lembut sesuai dengan arah kemiringan atap, angin sekencang apapun tidak akan berpengaruh. Masalahnya informasi gerakan angin sehari – hari cukup sulit ditentukan. Pastikan research dengan membaca informasi arah angin daerah Anda di internet terlebih dahulu.

Selalu Tes Potensi Kebocoran

Setiap selesai melakukan instalasi, lakukan test kebocoran terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan atap tidak memiliki masalah setelah dipasang. Gunakan intensitas air besar dari selang untuk memastikannya. Jika setelah diguyur beberapa menit dengan siraman air dan tidak ada masalah, barulah finishing dilakukan.

Jika ditemukan kebocoran, pembongkaran dan instalasi ulang harus dilakukan. Pastikan mencari masalah sumber kebocoran juga saat lakukan test ini. Jika kebocoran ukuran kecil, kemungkinan masalahnya ada di kerapatan instalasi ataupun retakan pada atap yang dipasang.

Jika Perlu Gunakan Bahan Insulasi Tambahan dan Perekat Atap Khusus

Dalam beberapa kasus, atap yang disusun tidak mau rapat karena mengalami warping ataupun masalah pada pemasangannya. Walaupun menutup, masalah penyusunan bisa akibatkan kebocoran walaupun dalam jumlah kecil.

Untuk cegah masalah bocor, insulasi dan perekat tambahan bisa digunakan. Rapatan antara kepingan atap dapat dilapisi insulasi dan perekat ini demi menjaga integrasinya lebih aman.

Sekian bahasan tips memasang atap transparan gelombang yang baik dan benar. Mudah – mudahan tips di atas membantu untuk hasilkan instalasi atap yang rapi dan indah sesuai bayangan ideal Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *